085286113196
sman1lempuingjaya@gmail.com
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya
blog-img
25/10/2024

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Deni Widi Arianto | Pendidikan Guru Penggerak

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3

Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Tujuan Pembelajaran Khusus:

Calon Guru Penggerak dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

 

Kegiatan atau program sekolah yang akan dikembangkan: “Menulis Cerpen Inspiratif “

Jenis Program: Intra Kurikuler

Target / sasaran Program: Peserta Didik Kelas X

 

Komponen Profil Pelajar Pancasila

1. Bernalar Kritis

  • Siswa diajak untuk berpikir kritis dalam mengembangkan plot, karakter, dan tema cerpen.
  • Menulis cerpen dengan analisis mendalam dan pemikiran yang matang.

2. Kreatif

  • Siswa dapat mengekspresikan imajinasi dan kreativitas melalui cerpen yang mereka tulis.
  • Menggunakan bahasa yang kreatif dan menggugah minat pembaca.

3. Bergotong Royong:

  • Siswa dapat bekerja sama dengan teman sekelas atau guru dalam mengembangkan cerpen.
  • Berbagi ide, memberi masukan, dan saling mendukung.

 

Karakteristik lingkungan yang mendukung:

1. Bernalar Kritis

  • Siswa diajak untuk berpikir kritis dalam mengembangkan plot, karakter, dan tema cerpen.
  • Menulis cerpen dengan analisis mendalam dan pemikiran yang matang.

2. Kreatif

  • Siswa dapat mengekspresikan imajinasi dan kreativitas melalui cerpen yang mereka tulis.
  • Menggunakan bahasa yang kreatif dan menggugah minat pembaca.

3. Bergotong Royong:

  • Siswa dapat bekerja sama dengan teman sekelas atau guru dalam mengembangkan cerpen.
  • Berbagi ide, memberi masukan, dan saling mendukung.

 

PRAKARSA PERUBAHAN

Program kegiatan “Menulis Cerpen Inspiratif” bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis dan kreativitas siswa melalui cerpen yang menginspirasi.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca, keterampilan menulis, dan kreativitas siswa. Dengan menggali cerita yang menginspirasi, siswa dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang kehidupan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

TAHAPAN BAGJA

1. Buat Pertanyaan Utama (Define).

Merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran terkait perubahan yang diinginkan atau diimpikan

  • Bagaimana mentukan tema cerita yang akan dibuat cerpen?
  • Bentuk cerita apa saja yang menarik dan inspiratif?
  • Bagaimana cara mengumpulkan cerpen untuk disusun menjadi bentuk buku?
  • Bagaimana mendokumentasikan buku cerpen di perpustakaan sekolah?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

  • Menjelaskan kaidah penulisan cerpen dengan baik
  • Mencari ide beberapa tokoh inspiratif dalam kehidupan
  • Berkomunikasi dengan beberapa percetakan buku untuk mencetak buku
  • Berkoordinasi dengan kepala perpustakaan sekolah

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

Melakukan sesi dialog dengan perwakilan murid kelas besar dan kecil untuk menguatkan ide di tahap awal ini

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP IN:I

  • Murid-murid
  • Guru
  • Rekan Guru

 

 

2. AMBIL PELAJARAN (DISCOVER)

Mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai di kelas maupun sekolah serta pelajaran apa yang dapat diambil dari hal-hal positif tersebut

  • Aktivitas apa saja yang menarik minat menulis cerpen murid selama ini?
  • Apa yang murid sukai ketika membaca buku cerpen?
  • Mana kegiatan sekolah yang telah menguatkan literasi?
  • Mana kebijakan sekolah yang telah mendukung peningkatan minat menulis

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

  • Mengadakan survei minat menulis siswa
  • Guru memberikan 'pertanyaan' (yang telah diindentifikasi sebelumnya) kepada murid di kelasnya
  • Mengidentifikasi kegiatan yang dapat meningkatkan literasi siswa.
  • Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan sekolah yang mendukung peningkatan literasi siswa terutama dalam meningkatkan keterampilan menulis.

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

Diskusi bersama untuk mengemukanan pendapat lebih banyak murid untuk mengetahui program menulis yang menarik selama ini sekaligus mencari inspirasi cerpen yang menarik.

 

 

3. GALI MIMPI (DREAM)

  • Seperti apa bentuk kegiatan menulis yang menarik dan menyenangkan?
  • Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

  • Menyediakan ruang dialog untuk murid membahas mimpi atau keinginannya dalam program ini.
  • Mendapatkan aspirasi (harapan/mimpi) umum dari lebih banyak murid tentang program yang dapat meningkatkan minat menulis terutama menulis cerpen.

 

4. JABARKAN RENCANA (DESIGN)

  • Kebijakan sekolah seperti apa yang sudah ada (maupun yang belum ada) dapat menguatkan program ini?
  • Bagaimana program ini dapat masuk dalam jadwal keseharian di sekolah?
  • Bagaimana kita mengetahui minat menulis murid meningkat?
  • Bagaimana kita mengetahui bahwa cerpen inspiratif dapat meningkatkan inspirasi dan motifasi siswa?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

Musyawarah-musyawarah kerja bersama: murid, guru-guru, perwakilan kelas yang akan menjabarkan ide/cara konkret untuk membahas 'pertanyaan' dan apa pun yang dapat mendukung peningkatan minat menulis murid.

 

5. ATUR EKSEKUSI (DELIVER)

Memutuskan langkah-langkah yang akan diambil, siapa yang akan kami ajak dan pasti mau untuk terlibat, bagaimana strateginya, dan aksi lainnya demi mewujudkan visi perlahan-lahan

  • Siapa (murid dan guru) yang bertanggung jawab memonitor agar kegiatan dapat berjalan dengan menyenangkan dan berkelanjutan?
  • Siapa yang dapat diajak mencari cara untuk menambah motivasi siswa dalam mencari cerpen inspiratif?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

  • Membentuk kelompok kerja (Pokja) yang akan mengelola dukungan untuk peningkatan minat menulis murid.
  • Menyediakan sarana untuk mencetak buku cerpen inspiratif dari karya siswa
  • Menyediakan rak khusus untuk meyimpan buku di perpustakaan sekolah

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

Menyediakan sarana untuk murid duduk di dalam Pokja yang digunakan untuk menulis di sekolah sehingga memungkinkan murid untuk berkontribusi aktif dalam proses pencarian ide dan gagasan.

Populer






chart_icon

2 Guru

chart_icon

10 Prestasi

chart_icon

12 Download

chart_icon

422513 Pengunjung

Sosial Media

Hubungi Kami

Alamat:
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. Ogan Komering Ilir , 30657

Email :
widiarianto2012@gmail.com
syamsulhidayat87@gmail.com

Telp :
085286113196

2025 © copyright_DeniWidiArianto